INFO TERKINI

ARTIKEL


PERJUMPAAN DUA ULAMA THARIQAH DI PONPES IDRISIYYAH BAHAS KONDISI UMAT




idrisiyyah.or.id | 

Syekh Muhammad Fathurahman Sabtu lalu (6/2) menerima kunjungan silaturahmi dari Mudir (ketua) Jam'iyyah ahluth Thariqah Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) DKI Jakarta, KH Danial Nafis.

Diterima di ruang tamu kediaman Syekh Fathurahman, Kiyai Nafis didampingi putranya yang juga tengah mondok di Pesantren Idrisiyyah berbincang berbagai hal terkait agama, ekonomi, dan perkembangan asosiasi pengamal tarekat yang dipimpinnya.

Kiyai Nafis yang juga diketahui sebagai Khadim Tarekat Syadziliyyah di Jakarta berdiskusi dengan Syekh Fathurahman terkait keprihatinan kedua ulama tarekat itu terhadap kondisi umat yang masih banyak awam masalah tarekat dan islam pada umumnya, oleh karenanya kiyai Nafis sangat mengapresiasi hadirnya kitab-kitab tasawuf seperti kitab Risalah Muhimmah karya Syekh Fathurahman. Beliau juga mendorong para ulama tarekat agar selalu hadir menasehati umara dan tidak menjauhi mereka tanpa bimbingan.

Membahas ekonomi, Kiyai Nafis akan mendukung penuh upaya Tarekat Idrisiyyah mengembangkan lebih luas lagi potensi ekonomi di pesisir pantai seperti tambak udang yang sukses dikelola Idrisiyyah, dirinya memberikan rekomendasi kepada Idrisiyyah untuk dapat beraudiensi dengan kementerian kelautan dalam waktu dekat.

Dibidang pendidikan, kedua ulama ahli tarekat itu menyepakati perlunya memberikan bahan-bahan literasi ilmu tarekat dan tasawuf bagi universitas-universitas Islam Negeri yang literaturnya dari buku buku karya tarekat Idrisiyyah dan Syadziliyyah, selain itu menurut Mudir Jatman DKI, ia merasa perlu bekerja sama dengan Idrisiyyah menerbitkan kembali buku Salsabil Muin karya Syekh Muhammad Ali bin As Sanusi yang masyhur dikalangan ahli tarekat di Indonesia.