INFO TERKINI

ARTIKEL


TARBIYAH MURSYID IDRISIYYAH KEPADA MURID MELALUI QINAS KE-147 KOMBINASIKAN VIRTUAL DENGAN TATAP MUKA




idrisiyyah.or.id | 

Qini Nasional Tarekat Idrisiyyah yang rutin 4 bulan sekali tetap dilangsungkan sesuai jadwal, meskipun masih dalam masa PPKM Darurat Jawa-Bali, akan tetapi panitia melakukan penyesuaian dalam penyelenggaraannya dengan mengkombinasikan majelis tatap muka dengan majelis secara virtual. Hal tersebut dilakukan untuk turut serta bersama pemerintah daerah mengendalikan penyebaran wabah yang masih tinggi.

Mengusung slogan QINAS VIRTUAL 147, Majelis Ilmu dan Dzikir hanya dihadiri penghuni pesantren dan masyarakat terdekat saja, adapun bagi murid yang jauh tetap dapat mengikuti secara virtual melalui media Zoom meet, streaming YT dan FB ataupun radio Idrisiyyah, begitupun dengan kegiatan Talqin Online, Training Dasar Tasawuf dan Lelang Infaq Toh-tohan.

Kegiatan Qinas Virtual 147 memfokuskan meraih keutamaan-keutamaan amalan bulan Dzulhijah, juga mengupas luas cara memaksimalkan ibadah kepada Allah dimasa ujian pandemi Covid-19. Dalam kajiannya Syekh Akbar memotivasi seluruh muridnya agar menyiapkan diri menerima ujian yang diberikan oleh Allah SWT dengan menempatkan hati pada maqom Ridho dan Sabar.

TALQIN JARAK JAUH DAN PEMBINAANNYA

Selanjutnya kegiatan pengijazahan awrad dzikir melalui Talqin pun dilakukan secara virtual pada hari Jum'at (16/7), Talqin sebagai penanda ikatan lahir bathin guru dengan murid baru itu diikuti muslimin muslimat yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Jawa Tengah dan Sabah Malaysia, mereka tidak mampu hadir tatap muka langsung ke Tasikmalaya karena terkendala peraturan PPKM dari pemerintah.

Dan setelah prosesi talqin virtual itu, para murid baru menerima pembinaan dari asatidz Majelis Ketarekatan melalui Talkshow Interaktif tentang Tasawuf Basic Training yang diselenggarakan oleh @sufitrainingcenter pada hari Sabtunya (17/7).

Seorang peserta zoom meeting menanyakan "apakah tasawuf sama dengan filsafat ?" "mengapa harus dilaksanakan baiat?" dan banyak peserta lain yang juga mengungkapkan rasa penasarannya dengan mengajukan pertanyaan.

Ustadz Ahmad Faqih dan Ustadz Adang Nurdin selaku trainer, tampil lugas dan gamblang menjawab pertanyaan-pertanyaan murid baru yang hadir di forum itu seputar pondasi-pondasi dari ilmu tasawuf Waktu talkshow yang terbatas menyisakan rasa puas sekaligus ketagihan dari peserta training, oleh karenanya, para peserta meminta diadakan training lanjutan pasca Qinas virtual 147. bagi Sahabat Fillah yang tidak sempat menyaksikan acara talkshow itu, dapat menonton ulang di channel Youtube Tarekat Idrisiyyah.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh peserta yang telah mendukung dan mengikuti, semoga kegiatan Qini Nasional selanjutnya kita bisa bertatap muka dan saling berjumpa serta pandemi berakhir agar umat dapat sama-sama menerima tarbiyah mursyid menuju Allah SWT.