INFO TERKINI

ARTIKEL


GERNAS LITERASI DIGITAL 2021 HADIRKAN DIREKTUR PENDIDIKAN IDRISIYYAH UNTUK AJARKAN ETIKA DIGITAL




idrisiyyah.or.id | 

Ustadz Asep Deni, M.Pd selaku Direktur Pendidikan Tarekat Idrisiyyah berkesempatan untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diadakan oleh Siber Kreasi DKI Banten dan Kementrian Kominfo pada hari Kamis (29/7) yang lalu. Pelatihan Literasi Digital ini menyuguhkan 4 materi penting yang harus di fahami masyarakat, yakni digital skill, digital ethic, digital culture dan digital safety. Idrisiyyah diberikan kesempatan untuk memberikan materi Digital Ethic yang disampaikan oleh ustadz Asep.

Kondisi pandemi yang masih melanda dan keterbatasan mobilitas masyarakat berdampak besar terhadap digitalisasi diberbagai aspek kehidupan, sehingga kegiatan ini cukup mendapatkan atensi tinggi juga dari masyarakat karena keinginantahuan dalam memaksimalkan peluang digitalisasi

Pelatihan literasi digital ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta zoom meeting yang berasal dari berbagai kalangan seperti murid sekolah, mahasiswa, guru dan lainnya, namun karena keterbatasan kapasitas platform, masih banyak peminat yang tidak dapat bergabung.

Ustadz asep mengingatkan peserta akan etika atau akhlaq dalam memanfaatkan teknologi, dimana itu menurutnya merupakan bagian dari anugerah Allah bagi umat akhir zaman, nikmat yang Allah berikan harus digunakan dengan baik semaksimal mungkin dan jangan sampai justru digunakan untuk nilai-nilai keburukan karena jika demikian, akan tergolong kepada orang-orang yang kufur.

"Inti dari etika digital adalah masalah sopan santun, bagaimana menggunakan media digital sebaik-baiknya sesuai etika yang diatur oleh pemerintah yaitu Kementrian Kominfo dan lebih dalam lagi sesuai dengan perintah agama" ujar Ustadz Asep Deni dalam sesi wawancara.

@siberkreasi.dkibanten

@siberkreasi @kemenkominfo

@pesantrenidrisiyyah

@asep_deni_