INFO TERKINI

ARTIKEL


MENCARI KORELASI PANDEMI COVID DENGAN KEHIDUPAN BERTAREKAT, GURU BESAR UIN JUSTRU TEMUKAN HAL MENGEJUTKAN




idrisiyyah.or.id | 

Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Munir, M.A bertandang ke pondok Pesantren Idrisiyyah untuk meniliti bahan jurnalnya yang bertemakan "Hubungan Tarekat dan Pandemi Covid-19" pada hari Sabtu (14/8) lalu, pesantren yang menjadi pusat pergerakan Tarekat Idrisiyyah itu dijadikannya sumber referensi dari jurnal yang akan dibuatnya.

Di terima langsung oleh Mursyid Tarekat Idrisiyyah di kediamannya, Syekh Akbar Muhammad Fathurahman menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait penelitian yang dilakukan Prof. Munir, disebutkan bahwa di balik kejadian pandemi saat ini terdapat Qudrat dan Iradah Allah yang seharusnya mampu menambah tumbuh kembangnya keimanan mukminin dan mukminat, sehingga dalam menyikapi pandemi ini menjadi tidak berlebihan. Maka menurut Syekh adalah salah besar jika kegiatan pendidikan dinonaktifkan apalagi sampai melumpuhkannya.

"Bagi orang yang beriman, wabah ini sebagai ujian dan peringatan. Ujian bagi orang yang beriman dan peringatan bagi mereka yang tidak beriman" ujar Syekh Akbar menjelaskan kepada Profesor Munir terkait fenomena wabah corona yang melanda negeri ini.

Usai bertamu kepada mursyid, Prof. Munir dan rombongan berkesempatan meninjau pesantren dan aktifitasnya, mengunjungi kampus Ma'had Aly dan santap siang di salah satu usaha kuliner Tarekat Idrisiyyah yakni @saungpanyawah Sambil mendengar penjelasan aktifitas tarekat dibidang ekonomi keumatan dari pengurus terkait, Prof, Munir dibuat terkejut karena tak menyangka bertarekat tak hanya soal ibadah dan pendidikan. Berulang kali Prof Munir dan istrinya menyampaikan kekagumannya dengan kiprah dan pencapaian Idrisiyyah yang bisa menggerakkan ekonomi sedemikian luas bahkan bisa mendukung pergerakan di semua bidang.

Prof. Munir mengutarakan rasa beruntungnya bisa datang dan melakukan penelitian di Idrisiyyah. Sedemikian senangnya sehingga beliau berencana Insya Allah akan berkunjung kembali untuk melanjutkan penelitiannya.