INFO TERKINI

ARTIKEL


POSYANDU, BENTUK SINERGI DESA DAN PESANTREN IDRISIYYAH




idrisiyyah.or.id | 

Sebuah bangunan di tanah wakaf Pondok Pesantren Idrisiyyah Kp. Cireungit Ds. Jatihurip Kec. Cisayong Kab. Tasikmalaya diresmikan pemanfaatannya untuk Pos Pelayanan Terpadu atau biasa disebut Posyandu Desa Jatihurip Kecamatan Cisayong, Senin (19/4) lalu.

Tanah 126 m2 dari keseluruhan luas tanah 700 m2 milik pesantren itu dipinjam fungsikan kepada desa Jatihurip selama 15 th dan untuk tahap pertama direview bersama per 3 tahun berikutnya. Lahan tersebut dibangunkan posyandu untuk melayani pelayanan kesehatan dan lainnya bagi masyarakat Jatihurip.

Gunting pita pertanda resmi mulai beroperasi dilakukan oleh Sekda Kab. Tasikmalaya, Bpk. Mohammad Zen yang turut hadir sekaligus meninjau Desa Jatihurip yang rencananya akan dijadikan proyek Desa Eduwisata pimpinan Bpk. Dadang Mursyid, S.Pd itu.

Gagasan pemanfaatan sebagian lahan wakaf pesantren bagi masyarakat ini datang dari Bpk Dadang selaku Kepala Desa Jatihurip yang sekaligus sebagai kepala divisi sosial kemasyarakatan (Kadiv Soskem) di Tarekat Idrisiyyah, sehingga upaya sinergitas antara desa dan lembaga sosial ini benar-benar dirasakan manfaatnya bagi umat yang banyak.

Semoga harmonisasi seperti ini semakin banyak dilakukan elemen masyarakat sehingga kemajuan umat dapat dimulai dari lingkungan desa.