INFO TERKINI

ARTIKEL


PESONA EKONOMI DI PULAU KARIMUN JAWA




idrisiyyah.or.id | 

Tak banyak orang tahu, jauh di utara pulau Jawa tepatnya di utara Kabupaten Jepara, terdapat sebuah pulau yang didalamnya terdapat aktifitas ekonomi yang telah dikelola dengan sangat baik ditangan ahlinya, bisnis itu adalah tambak udang Vaname yang diketahui dikelola oleh pakarnya budi daya udang, yaitu Bapak. Ir. Syam.

Akhir pekan kemarin, santri-santri Idrisiyyah yang juga merupakan pengelola tambak udang pesantren di pantai Cipatujah bertolak ke pulau Karimun Jawa untuk belajar langsung kepada Ir. Syam.

Ga tangung-tanggung rombongan dipimpin langsung oleh Syekh Akbar Muhammad Fathurahman selaku pimpinan Pondok Pesantren Idrisiyyah. Dengan menumpang kapal Ferry Express dari pelabuhan Jepara, rombongan tiba di tujuan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam penyebrangan.

Di lokasi tambak, Ir. Syam secara langsung menyambut dan menunjukkan seluruh proses menambaknya kepada Syekh dan para santrinya, tips-tipsnya disampaikan dengan langsung menunjukan cara mempraktekannya, tak hanya itu, pakar budidaya itu berkenan untuk terus mendukung dalam berbagai hal yang diperlukan bagi para santri dalam upaya meningkatkan produktifitas budidaya udang mereka di Cipatujah.

Disapa pemirsa TVRI

Di Jepara, dalam perjalanan darat menuju pelabuhan, Syekh Akbar mendapatkan sapaan dan ucapan terima kasih dari sepasang suami istri bernama Bapak. Hendrik dan Ibu. Kiki yang ternyata mereka adalah pemirsa setia kajian tasawuf @tvrinasional yang tayang setiap hari Kamis Shubuh pada program acara Serambi Islami, Syekh M Fathurahman yang merupakan narasumbernya langsung mudah dikenali wajahnya oleh pemirsa tersebut, dan terjadilah perbincangan hangat diantara mereka. Keduanya begitu gembira dapat bertemu langsung dengan sosok ulama yang selalu memberikannya siraman ruhani dan pencerahan agama meski hanya sebatas lewat media televisi.