KAJIAN

ARTIKEL


SANUSIYAH DALAM PANDANGAN AMIR SYAKIB ARSALAN




idrisiyyah.or.id | 

Dalam kitab Hadhir al 'Alam al Islami karya Amir Syakib Arsalan, terdapat sebuah bab yang berjudul Kebangkitan Islam di Afrika dan Sebab-sebabnya. Ia berkata,

"Adapun orang-orang tarekat Sanusiyah, mereka menyebarkan tarekat mereka di Wadi, Bafermi dan Burku. Lalu mereka menelusuri sungai Bainawa, sampai akhirnya mereka tiba di Nigeria bagian bawah. Kita menemukan mereka menunjukkan suku-suku yang ada di sana kepada Islam. Dengan perantaraan tarekat Sanusiyah, daerah sekitar danau Chad menjadi markas Islam di Afrika Tengah. Jumlah murid tarekat ini diperkirakan sekitar empat juta orang. Adapun cara jamaah tarekat ini menyebarkan Islam adalah dengan membeli budak budak kecil dari Sudan. Kemudian mereka mendidik budak-budak tersebut di Jagbub, Gadamas dan tempat lainnya. Ketika budak-budak tersebut sudah dewasa dan sempurna dalam mendapatkan ilmu, kaum tarekat membebaskan mereka dan membiarkan mereka pergi ke seluruh penjuru Sudan, untuk memberi petunjuk kepada anak anak bangsa mereka yang lain. Demikianlah, setiap tahun ratusan dai Sanusiyah pergi untuk menyebarkan Islam di seluruh Afrika dalam, mulai dari pesisir Somalia di Timur sampai pesisir Singambiah di Barat. Muhammad al Mahdi dan saudaranya, Muhammad Syarif, telah menempuh jalan yang ditempuh orang tua mereka dalam usaha untuk mencapai tujuan yang dia maksud, yaitu membersihkan Islam dari pengaruh Barat dan mengembalikan kepemimpinan umum sebagaimana halnya pada masa kekhalifahan. Secara umum, murid murid tarekat inilah yang berusaha menyebarkan Islam di Afrika, Dan mereka diberi taufik dalam hal ini."

Ia juga berkata tentang tarekat Sanusiyah, "Bukti apa lagi yang lebih jelas dari para penyebar Islam dari golongan Sanusiyah yang berjuang dengan gigih dan membawa perubahan di Afrika. Mereka dikeluarkan oleh perkumpulan-perkumpulan tarekat Sanusiyah di padang padang pasir. Jumlah mereka mencapai ribuan. Mereka terus mendatangi negara-negara penyembah berhala, seraya menyebarkan ajaran tauhid dan mengajak kepada Islam. Pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang menyebarkan Islam di Afrika Barat dan Afrika Tengah sejak abad ke-19 sampai sekarang ini merupakan suatu keajaiban yang besar. Orang-orang Barat telah mengakui hal itu. Salah seorang yang berkebangsaan Inggris berkata tentang permasalahan ini sejak dua puluh tahun lalu, "Sungguh Islam telah memperoleh kemenangan yang besar di tengah-tengah Afrika. Paganisme hilang dari hadapannya, sebagaimana hilangnya kegelapan malam di hadapan fajar subuh. Dan seolah-olah misi Kristen hanyalah sebuah khurafat."

Amir Syakib Arsalan menutup pembahasannya tentang kebangkitan Islam di Afrika dengan perkataannya, "Penyebab utama kebangkitan terakhir ini adalah tasawuf dan kepercayaan kepada para wali." (Majalah Al Manar, edisi perdana, h. 726)

@MK_IDRISIYYAH