KAJIAN

ARTIKEL


IMAM SYA’RANI & MUSUH-MUSUHNYA




idrisiyyah.or.id | 

Imam Abdul Wahab asy Sya'rani memiliki seorang Guru yang ummi, tidak baca tulis. sehingga musuh-musuhnya mempertanyakan keilmuan gurunya, Syekh Ali Al Khawash.

Gurunya ini menjadi bahan permusuhan pribadi, bukan karena perbedaan pendapat maupun mazhab. Syekh Ali Al Khawash dianggap hanya seorang pedagang kurma kemasan, yang sebelumnya juga pernah menjadi tukang cukur, dan tak bisa baca-tulis. Karena inilah Asy Sya'rani diserang dan dipertanyakan sisi keilmuannya.

Mereka tidak membaca sama sekali keilmuan Syekh Ali al-Khawwash yang banyak ditransfer oleh Imam asy-Sya'rani dalam sejumlah jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan kepada sang guru. Jawaban itu telah dicatat dalam kitab tersendiri atau disisipkan dalam kitab tulisan asy-Sya'rani. Para pembaca jawaban itu akan merasa takjub saat membacanya. Kalau saja para musuh-musuhnya memiliki akal sehat, niscaya mereka mengagungkan asy-Sya'rani. Sebab, ia telah membuka mata kita akan kemuliaan, ilmu, dan makrifat Syekh Ali al-Khawwash yang luhur, walaupun ia bukan orang yang terpelajar.

Jika seorang jurnalis atau peneliti menemukan sosok seperti Syekh Ali al-Khawwash pada zaman ini, pastilah sosok itu layak menjadi bintang yang bersinar di antara para ulama besar lain, bukan malah dihancurkan. Jika seseorang membaca jawaban al-Khawwash kepada muridnya, asy-Sya'rani, pastilah akalnya akan tercerahkan dan ia akan bertasbih memuji Allah yang telah meletakkan hikmah-Nya di dalam dada siapa yang dikehendaki-Nya.

Al-Khawwash bukanlah satu-satunya ulama yang buta huruf. Sidi Muhammad Wafa, Syekh Abdul Aziz al-Dabbagh sang penulis al-Ibriz, Ajam bint al-Nafis al-Baghdadiah yang mensyarah al-Masyahid karya Ibnu 'Arabi dalam jilid yang termanuskrip. Bahkan sekelas Imam Al Ghazali pun 'takluk' di hadapan Guru adiknya yang hanya berprofesi tukang sol sepatu. Mereka semua buta huruf dan ulama besar yang memiliki kontribusi amat berharga dalam dunia spiritual Islam.

@MK_IDRISIYYAH

Sumber: Fathul Mubin, Asy Sya'rani