KAJIAN

ARTIKEL


MENGENAL SAHABAT NABI




idrisiyyah.or.id | 

Salman Radhiyallahu Anhu adalah Abu Abdullah Salman Al-Farisi. Versi lain mengatakan, Salman Al-Khair pelayan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Berasal dari Persia, dan pergi mengembara mencari agama yang benar. Ia sempat menjadi Nashrani dan membaca bermacam-macam kitab suci. Beliau memiliki biografi yang panjang dan sangat berharga. la kemudian mengembara sampai pada akhirnya bertemu dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Ia menyatakan keislamannya dengan sangat bagus dan menjadi tokoh penting dalam Islam.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah menyatakan tentang dirinya, beliau bersabda, "Salman termasuk keluarga kami'. Umar mengangkatnya menjadi wali (gubernur) di Mada'in,ia termasuk orang yang dianugerahi umur yang panjang.

Ada yang mengatakan dia hidup sampai 250 tahun, dan yang lain mengatakan 350 tahun. Beliau hanya senang makan dari hasil jerih payahnya sendiri, dan menyedekahkan semua pemberian yang dia terima. Beliau meninggal dunia di Madinah pada tahun 50 H, ada yang mengatakan pada tahun 32 H.

(Sumber: Subulus Salam, Ash Shan'ani)