KAJIAN

ARTIKEL


PARA PENAKLUK DUNIA ADALAH SUFI




idrisiyyah.or.id | 

Syaikh Mushthafa Hamdu Ullayan Al Hambali dalam kitabnya As Sadah Al Hanabilah wakhtilafuhum ma'as Salafiyah Al Mu'ashirah mengatakan,

Banyak tokoh terkemuka dan para penguasa muslim yang merupakan tokoh sufi, antara lain: Alp Arselan dari dinasti Saljuk, yang berjuang selama 60 tahun melawan kaum Salib di Manzikert, Nuruddin Zanki, Shalahuddin Al-Ayyubi, Muhammad Al-Fatih, Sulaiman Al Qanuni, yang berhasil menaklukkan separuh benua Eropa, Azh-Zhahir Baibars, yang berhasil mengalahkan pasukan Mongolia, dan Al-Amis Abdul Qadir Al-Jazairi, serta Umar Al-Mukhtar.

Keterangan:

1. Arselan berhaluan madzhab Al-Asy'ari bersama perdana menterinya bernama Nizham Al-Mulk, yang berhasil mengembangkan lembaga-lembaga pendidikan berhaluan madzhab Al-Asy'ari.

2. Shalahudin Al Ayyubi. Al Maqrizi meriwayatkan dalam kitab Al-Khuthath, bahwa orang pertama yang mendatangkan tokoh-tokoh dan cara beribadah kaum sufi ke Mesir adalah Shalahuddin Al-Ayyubi, dimana ia merupakan sosok yang diasuh dan dibesarkan di lembaga pendidikan yang dikembangkan oleh Imam Abdul Qadir Al Jailani.

3. Muhammad Al Fatih merupakan seorang penguasa dari dinasti Utsmani yang berhasil menaklukkan Konstantinopel, yang bergabung dalam tarekat An-Naqsyabandiyah.

4. Umar Al Mukhtar penganut Tarekat As-Sanusiyah.

@MK_IDRISIYYAH