KAJIAN

ARTIKEL


KETELADANAN BANGSA JEPANG




idrisiyyah.or.id | 

Inilah di antara potret kehidupan bangsa Jepang yang mengamalkan sebagian ajaran Islam, sementara umat Islam kurang memerhatikannya:

1. Menghargai waktu. Jika terlambat meminta maaf. Dalam Al Quran ada satu surat tentang waktu (Al 'Ashr). Seharusnya umat Islam yang lebih menghargai waktu dari bangsa yang lain. Penerapannya harus dimulai dari diri sendiri. Hargai waktu demi waktu dengan ilmu dan amal.

2. Memiliki etos kerja yang tinggi. Semangat, inspirasi, disiplin mewarnai kehidupan masyarakat Jepang sehari-hari.

3. Mencintai bacaan. Di mana-mana terlihat pemandangan membawa buku dan membacanya di waktu luang. Umat Islam semestinya diingatkan oleh Ayat yang pertama yang turun 'Iqra' (اقرأ).

4. Tenggang rasa dan kebersamaan. Orang tua dan kaum lemah diperhatikan. Di bis terlihat pemandangan seperti itu. Hal itu diajarkan sejak kecil. Tidak pernah mengambil barang temuan, tapi diserahkan ke tempat khusus penitipan barang hilang.

5. Peduli kebersihan dan ketertiban. Tidak saling mendahului. Dalam Islam diajarkan ketertiban dalam segala hal. Rukun Wudhu harus tertib, juga ibadah-ibadah lainnya. Tapi umat Islam kurang mempraktekkannya dalam ibadah sosial.

Petikan Dzikrul Makhsus, 10 Maret 2022